Salam Biemmers
Bertemu kembali diblog saya , apabila para Biemmers sekalian ingin mengetahui informasi tentang BMW yang lain bisa mengunjungi channel YouTube saya , yaitu BP BMW JOGJA , link channel nya dibawah ini
Link : BP BMW JOGJA
Untuk yang sudah mampir ke channel saya atau bermurah hati dengan LIKE , COMMENT DAN SUBSCRIBE nya saya ucapkan terima kasih .
Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang akibat apabila cooler metic BMW anda bocor . Seperti kita ketahui di BMW sejak e46 keatas telah memakai cooler metic dengan bahan aluminium .
Cooler metic atau pendingin oli metic sebenarnya menjadi komponen yang cukup penting di gearbox metic BMW . Walaupun memang posisi coolernya sendiri berada diluar gearbox metic . Posisinya ada atau nempel disekitar radiator atau rumah radiator .
Jadi cara kerja cooler metic ini cukup sederhana , oli metic masuk ke cooler lalu didinginkan dengan bantuan air radiator .Didalam cooler ini bentuknya seperti kisi² layaknya radiator .
Baca juga : Termostat rusak temperatur mesin overheat
Baca juga : Cara BLEEDING radiator BMW
Lalu dimanakah bahayanya apabila cooler metic ini bocor ?
1 . Apabila cooler metic ini bocor keluar tentu oli metic atau air radiator akan keluar dan menyebabkan oli atau air ini akan berkurang .
2 . Apabila cooler metic ini bocor kedalam , bocor kedalam disini yaitu oli metic bocor dan masuk kedalam sistem air radiator atau bisa juga sebaliknya , atau bisa terjadi bolak-balik , oli metic masuk ke air radiator dan air radiator masuk ke dalam metic .
Gambar diatas adalah kasus dimana air radiator tercampur dengan oli metic , ini terjadi karena cooler metic nya bocor .
Baca juga : Timing belt BMW putus bisa turun mesin
Untuk hal yang nomer 2 ini yang akan fatal akibatnya , sebab apabila oli masuk ke air radiator sudah pasti air radiator nya akan tercampur dengan oli metic . Apabila semakin banyak oli yang tercampur dengan air akan menyebabkan fungsi air radiator sebagai sistem pendingin akan berkurang bahkan menjadi hilang fungsinya .
Resikonya apa ?
Sudah pasti mesin akan overheat atau panas yang berlebih .
Solusinya bagaimana ?
Yang pertama , kita ganti dulu cooler metic yang bocor ini .
Yang kedua , lihat seberapa parah tercampurnya , kalau tercampurnya parah atau banyak harap dicek komponen² sistem pendinginan yang terdampak , seperti water pump , termostat dan radiator .
Yang ketiga , kuras air radiator yang sudah tercampur secara berulang-ulang sampai bersih . Ini memang memerlukan waktu yang lama sebab oli yang tercampur ini lengket menempel diseluruh sistem pendinginan .
Seumpama oli metic pun telah tercampur air dan telah memenuhi gearbox metic , langkah penanganan nya seperti ini . Solusi ini bersifat pertolongan saja dengan harapan gearbox metic nya tidak rusak parah .
Solusinya :
- kuras atau buang oli metic
- ganti filter metic
- lalu isi oli metic dengan oli yang baru , kuras dan isi oli metic ini bisa dilakukan 2-3 kali sampai oli yang ada di gearbox metic bersih .
- lalu dicek elektrikal gearbox dengan scanner , apakah ada komponen elektrik di gearbox yang terdampak .
- tes jalan , apabila semua hal tersebut sudah dilakukan . Tes Drive ini untuk mengetahui kondisi mesin dan gearbox apakah sudah normal atau belum .
Demikianlah penjelasan singkat saya tentang bahaya kalau cooler metic bocor .Semoga bermanfaat bagi yang membacanya
Apabila ada yang ingin bertanya silahkan nomer dibawah ini :
- 0813 1062 1411 WA or CALL
- 0877 7128 6025 CALL ONLY
Bertanyalah dengan sopan dan bijak .
Saya pamit , lebih dan kurangnya saya mohon maaf , terima kasih .
Komentar
Posting Komentar