Bahaya Kalau Cooler Metic BMW Bocor

 Salam Biemmers

Bertemu kembali diblog saya , apabila para Biemmers sekalian ingin mengetahui informasi tentang BMW yang lain bisa mengunjungi channel YouTube saya , yaitu BP BMW JOGJA , link channel nya dibawah ini 

 Link : BP BMW JOGJA

Untuk yang sudah mampir ke channel saya atau bermurah hati dengan LIKE , COMMENT DAN SUBSCRIBE nya saya ucapkan terima kasih .

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang akibat apabila cooler metic BMW anda bocor . Seperti kita ketahui di BMW sejak e46 keatas telah memakai cooler metic dengan bahan aluminium .

Cooler metic atau pendingin oli metic sebenarnya menjadi komponen yang cukup penting di gearbox metic BMW . Walaupun memang posisi coolernya sendiri berada diluar gearbox metic . Posisinya ada atau nempel disekitar radiator atau rumah radiator .

Jadi cara kerja cooler metic ini cukup sederhana , oli metic masuk ke cooler lalu didinginkan dengan bantuan air radiator .Didalam cooler ini bentuknya seperti kisi² layaknya radiator . 

Baca juga : Termostat rusak temperatur mesin overheat 

Baca juga : Cara BLEEDING radiator BMW

Lalu dimanakah bahayanya apabila cooler metic ini bocor ?

1 . Apabila cooler metic ini bocor keluar tentu oli metic atau air radiator akan keluar dan menyebabkan oli atau air ini akan berkurang .

2 . Apabila cooler metic ini bocor kedalam , bocor kedalam disini yaitu oli metic bocor dan masuk kedalam sistem air radiator atau bisa juga sebaliknya , atau bisa terjadi bolak-balik , oli metic masuk ke air radiator dan air radiator masuk ke dalam metic .


Gambar diatas adalah kasus dimana air radiator tercampur dengan oli metic , ini terjadi karena cooler metic nya bocor . 

Baca juga : Timing belt BMW putus bisa turun mesin

Untuk hal yang nomer 2 ini yang akan fatal akibatnya , sebab apabila oli masuk ke air radiator sudah pasti air radiator nya akan tercampur dengan oli metic . Apabila semakin banyak oli yang tercampur dengan air akan menyebabkan fungsi air radiator sebagai sistem pendingin akan berkurang bahkan menjadi hilang fungsinya .

Resikonya apa ?

Sudah pasti mesin akan overheat atau panas yang berlebih . 

Solusinya bagaimana ?

Yang pertama , kita ganti dulu cooler metic yang bocor ini .

Yang kedua , lihat seberapa parah tercampurnya , kalau tercampurnya parah atau banyak harap dicek komponen² sistem pendinginan yang terdampak , seperti water pump , termostat dan radiator .

Yang ketiga , kuras air radiator yang sudah tercampur secara berulang-ulang sampai bersih . Ini memang memerlukan waktu yang lama sebab oli yang tercampur ini lengket menempel diseluruh sistem pendinginan .

Seumpama oli metic pun telah tercampur air dan telah memenuhi gearbox metic , langkah penanganan nya seperti ini . Solusi ini bersifat pertolongan saja dengan harapan gearbox metic nya tidak rusak parah .

Solusinya :

- kuras atau buang oli metic

- ganti filter metic 

- lalu isi oli metic dengan oli yang baru , kuras dan isi oli metic ini bisa dilakukan 2-3 kali sampai oli yang ada di gearbox metic bersih .

- lalu dicek elektrikal gearbox dengan scanner , apakah ada komponen elektrik di gearbox yang terdampak .

- tes jalan , apabila semua hal tersebut sudah dilakukan . Tes Drive ini untuk mengetahui kondisi mesin dan gearbox apakah sudah normal atau belum .


Demikianlah penjelasan singkat saya tentang bahaya kalau cooler metic bocor .Semoga bermanfaat bagi yang membacanya 

Apabila ada yang ingin bertanya silahkan nomer dibawah ini :

- 0813 1062 1411 WA or CALL

- 0877 7128 6025 CALL ONLY

Bertanyalah dengan sopan dan bijak .

Saya pamit , lebih dan kurangnya saya mohon maaf , terima kasih .







Komentar