Salam Biemmers
Hallo pembaca yang budiman , bertemu kembali dengan blog saya yaitu blog BP BMW JOGJA . Blog yang khusus membahas tentang mobil BMW . Apabila pembaca ingin mencari informasi yang lainnya tentang BMW bisa mampir ke channel saya , dibawah ini saya cantumkan link channel YouTube nya .
Link : BP BMW JOGJA
Pada artikel kali ini saya coba membahas sedikit masalah tentang BMW e36 320 mogok mati mesin . Apa saja penyebab mati mesin ? Bagaimana solusi mengatasinya .
Untuk BMW type 320 e36 baik mesin m50 maupun m52 sama penyebab mogok mati mesin . Disini saya jelaskan dulu yang namanya mogok mati mesin yaitu apabila kita starter mesin tidak mau hidup/nyala hanya dinamo starter saja yang berputar . Atau bisa juga pas mobil lagi jalan tiba² mesin mati , distarter lagi tidak bisa hidup .
Baca juga : Cegah rem macet dengan kuras minyak rem
Baca juga : Timing belt BMW putus bisa turun mesin
Penyebab mati mesin seperti ini ada beberapa sistem atau komponen yang rusak atau bermasalah . Yang paling simpel sekering atau fuse pompa bensin putus , jadi apabila sekering ini putus maka aliran setrum ke pompa bensin menjadi tidak ada .
Lalu selanjutnya naik ke relay pompa bensin . Komponen ini sama saja seperti komponen elektronik lainnya ada usia pakainya jadi sewaktu waktu apabila sudah waktunya mati/rusak maka dapat langsung mati . Jadi sebelum memprediksi yang berat² sebaiknya cek dulu sekering dan relaynya .
Selanjutnya yaitu komponen yang paling sering menjadi penyebab mogok mati mesin ialah pompa bensin . Pompa bensin ini bisa waktu kendaraan jalan ataupun sedang diam . Biasanya sebelum pompa bensin ini mati ada tanda-tanda dahulu yang diberikan si pompa bensin ini . Pertama dari suara pompa bensin yang sedikit agak keras/nyaring pada saat mesin hidup . Kedua dari kinerja pompa , jadi kalau pompa bensin mau mati mesin kadang dihidupkannya agak susah , bisa 2-3 kali starter baru mesin mau menyala . Ketiga tarikan mesin agak berkurang untuk geber dan kecepatan tinggi .
Berikutnya penyebab mogok mati mesin yaitu sensor crankshaft atau bahasa bengkel nya sensor td bawah . Tugas sensor ini untuk memberikan input ke ECU mesin bahwa mesin telah berputar sehingga ECU mesin bisa mengaktifkan komponen² mesin lainnya . Kalau sensor ini rusak maka dia tidak bisa mengirimkan sinyal ke ECU sehingga ECU tidak bisa mengaktifkan komponen² lainnya .
Solusinya seperti apa untuk kasus² komponen yang mau rusak atau yang memang sudah mati seperti ini .
- untuk sekering dan relay , sekering siapkan sekering cadangan untuk mengganti sekering yang putus dan relay apabila rusak daruratnya bisa pakai dulu relay yang sama seperti relay klakson .
- untuk pompa bensin , apabila sudah menemukan gejala² pompa akan rusak/mati sebaiknya cepat² diganti daripada nanti mogok dijalan atau mogok di daerah yang memang tidak ada bengkel BMW .
- untuk sensor crankshaft , sama seperti pompa bensin . Komponen ini akan memberikan tanda-tanda dahulu sebelum mati . Jadi sebaiknya diganti apabila sudah tanda² ini .
Untuk para Biemmers yang sedang mengalami kasus seperti ini bisa menghubungi saya di nomer dibawah ini
CP : Aris
0813 1062 1411 WA or CALL
0877 7128 6025 CALL ONLY
Bisa juga mengakses media sosial saya di
Facebook : BePe Beemwe
Instagram : bpbmwjogja
Demikianlah penjelasan singkat saya tentang penyebab BMW e36 320 mogok mati mesin . Apabila ada kekurangan dalam penulisan artikel ini , saya mohon maaf .
Sampai berjumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya . Terima kasih
Komentar
Posting Komentar