Temperatur mesin BMW panas karena ekstrafan mati

 Salam Biemmers

Halo pembaca yang budiman , bertemu kembali dengan blog saya yaitu blog BP BMW JOGJA . Blog yang khusus membahas tentang mobil BMW . Apabila pembaca ingin mencari informasi yang lainnya tentang BMW bisa mampir ke channel YouTube saya namanya channel BP BMW JOGJA , dibawah ini saya cantumkan link nya

Channel BP BMW JOGJA

Oke langsung saja kita ke pembahasan pada artikel kali ini yaitu tentang temperatur mesin panas atau overheat apabila kipas ekstrafan nya mati . 

Disini saya akan saya jabarkan pembahasan nya per Sub , yaitu :

- Apa itu kipas ekstrafan ?

- efek atau dampak kalau ekstrafan mati

- solusi mengatasinya 

Baiklah kita mulai dari , Apa itu ekstrafan ?

Ekstrafan adalah kipas tambahan pada mesin , gunanya untuk pendinginan tambahan pada radiator . Untuk mobil BMW ekstrafan ini banyak digunakan di type² mobil yang lama . Jadi type mobil lama BMW seperti e30 , e34 , e36 , e38 , e39 masih menggunakan 2 kipas pendingin . Kecuali di type e36 m43 hanya menggunakan satu kipas saja .

Baca juga : Termostat rusak temperatur mesin overheat 

Baca juga : Water pump rusak temperatur mesin BMW panas

Penempatan kipas ekstrafan fan ini biasanya diposisi depan radiator atau pas dibelakang bumper depan mobil . Dan untuk menggerakkannya dengan elektrik atau kipas elektrik . Untuk kipas utamanya masih ikut putaran mesin biasa kita sebut dengan kipas viscofan . 

Sedangkan untuk mobil yang BMW yang keluar diatas tahun 2000 rata² hanya menggunakan satu kipas , yaitu kipas elektrik . Nah biasanya mekanik dan Biemmers banyak menyebut kipas ini sebagai ekstrafan , mungkin karena digerakkan dengan motor elektrik . Padahal sejatinya kipas ini adalah kipas inti atau utama , karena memang cuma satu-satunya kipas pendingin . 

Khusus di artikel kali ini saya akan lebih menyoroti kipas ini , karena input penggeraknya dilakukan oleh ECU mesin atau DME . Berbeda dengan kipas ekstrafan fan yang lama yang masih diaktifkan oleh sensor temperatur dan relay . 


Foto diatas adalah ekstrafan di BMW type lama yang masih menggunakan 2 kipas pendinginan .

Kita langsung ke Sub pembahasan yang kedua , efek atau dampak kalau ekstrafan mati 

Efeknya sudah pasti mesin akan kelebihan panas atau overheat , apalagi untuk BMW yang hanya menggunakan satu kipas seperti di type-type BMW yang sekarang . Apa yang harus kita lakukan bila seperti ini .

Langsung saja kita ke pembahasan Sub yang ketiga yaitu , solusi mengatasinya .

Pertama-tama cek dulu apakah kipasnya benar-benar mati atau ga muter sama sekali , lalu cek soket ekstrafan nya apakah kendor kalau tidak kendor cek setrum yang masuk ke soket ekstrafan nya . 


Digambar atas ada soket ekstrafan ini pada type BMW e46 , disitu ada 3 kabel 

- coklat besar untuk ground 

- merah biru besar untuk plus atau setrum 

- hijau hitam kabel kecil untuk pengaktif dari ECU mesin

Cek kabel ground nya apakah ada , juga cek plus atau setrum , apabila tidak ada setrum dikabel merah biru cobalah dicek sekring untuk kipas elektrik nya 


Posisi sekring ada didalam laci jok depan kiri atau glove box compartemen , warna sekring merah ukuran dan bentuknya paling besar , untuk ampere nya sekitar 40 A , posisinya sebelah pojok kiri .

Coba dicek apak sekring tersebut putus atau tidak . Untuk cara pengecekan lewat video ini saya berikan link videonya melalui 

YouTube : Kipas ekstrafan mati BMW e46

Demikianlah penjelasan singkat saya tentang kipas ekstrafan ini apabila ada informasi yang lainnya atau mau tanya-tanya silahkan bisa tulis dikolom komentar atau bisa menghubungi saya di :

CP : Aris 

- 0813 1062 1411 WA or CALL

- 0877 7128 6025 CALL ONLY

Sampai jumpa lagi 

Terima kasih




Komentar