Salam Biemmers
Halo pembaca yang budiman , bertemu kembali dengan blog saya yaitu blog BP BMW JOGJA . Blog yang khusus membahas tentang mobil BMW . Apabila pembaca ingin mencari informasi yang lainnya tentang BMW bisa mampir ke channel YouTube saya namanya channel BP BMW JOGJA , dibawah ini saya cantumkan link nya
Oke langsung saja kita ke pembahasan pada artikel kali ini yaitu tentang temperatur mesin panas atau overheat apabila kipas ekstrafan nya mati .
Disini saya akan saya jabarkan pembahasan nya per Sub , yaitu :
- Apa itu kipas ekstrafan ?
- efek atau dampak kalau ekstrafan mati
- solusi mengatasinya
Baiklah kita mulai dari , Apa itu ekstrafan ?
Ekstrafan adalah kipas tambahan pada mesin , gunanya untuk pendinginan tambahan pada radiator . Untuk mobil BMW ekstrafan ini banyak digunakan di type² mobil yang lama . Jadi type mobil lama BMW seperti e30 , e34 , e36 , e38 , e39 masih menggunakan 2 kipas pendingin . Kecuali di type e36 m43 hanya menggunakan satu kipas saja .
Baca juga : Termostat rusak temperatur mesin overheat
Baca juga : Water pump rusak temperatur mesin BMW panas
Penempatan kipas ekstrafan fan ini biasanya diposisi depan radiator atau pas dibelakang bumper depan mobil . Dan untuk menggerakkannya dengan elektrik atau kipas elektrik . Untuk kipas utamanya masih ikut putaran mesin biasa kita sebut dengan kipas viscofan .
Sedangkan untuk mobil yang BMW yang keluar diatas tahun 2000 rata² hanya menggunakan satu kipas , yaitu kipas elektrik . Nah biasanya mekanik dan Biemmers banyak menyebut kipas ini sebagai ekstrafan , mungkin karena digerakkan dengan motor elektrik . Padahal sejatinya kipas ini adalah kipas inti atau utama , karena memang cuma satu-satunya kipas pendingin .
Khusus di artikel kali ini saya akan lebih menyoroti kipas ini , karena input penggeraknya dilakukan oleh ECU mesin atau DME . Berbeda dengan kipas ekstrafan fan yang lama yang masih diaktifkan oleh sensor temperatur dan relay .
Foto diatas adalah ekstrafan di BMW type lama yang masih menggunakan 2 kipas pendinginan .
Kita langsung ke Sub pembahasan yang kedua , efek atau dampak kalau ekstrafan mati
Efeknya sudah pasti mesin akan kelebihan panas atau overheat , apalagi untuk BMW yang hanya menggunakan satu kipas seperti di type-type BMW yang sekarang . Apa yang harus kita lakukan bila seperti ini .
Langsung saja kita ke pembahasan Sub yang ketiga yaitu , solusi mengatasinya .
Pertama-tama cek dulu apakah kipasnya benar-benar mati atau ga muter sama sekali , lalu cek soket ekstrafan nya apakah kendor kalau tidak kendor cek setrum yang masuk ke soket ekstrafan nya .
Digambar atas ada soket ekstrafan ini pada type BMW e46 , disitu ada 3 kabel
- coklat besar untuk ground
- merah biru besar untuk plus atau setrum
- hijau hitam kabel kecil untuk pengaktif dari ECU mesin
Cek kabel ground nya apakah ada , juga cek plus atau setrum , apabila tidak ada setrum dikabel merah biru cobalah dicek sekring untuk kipas elektrik nya
Posisi sekring ada didalam laci jok depan kiri atau glove box compartemen , warna sekring merah ukuran dan bentuknya paling besar , untuk ampere nya sekitar 40 A , posisinya sebelah pojok kiri .
Coba dicek apak sekring tersebut putus atau tidak . Untuk cara pengecekan lewat video ini saya berikan link videonya melalui
YouTube : Kipas ekstrafan mati BMW e46
Demikianlah penjelasan singkat saya tentang kipas ekstrafan ini apabila ada informasi yang lainnya atau mau tanya-tanya silahkan bisa tulis dikolom komentar atau bisa menghubungi saya di :
CP : Aris
- 0813 1062 1411 WA or CALL
- 0877 7128 6025 CALL ONLY
Sampai jumpa lagi
Terima kasih
Komentar
Posting Komentar